Bisnis Dari Barang Bekas Menggiurkan

Bisnis Dari Barang Bekas

Kini ada sebuah ide usaha dengan modal kecil yang bisa kita coba di rumah, yakni kreasi barang bekas menjadi benda bernilai seni tinggi dan juga nilai ekonomis tentunya. Umumnya barang-barang bekas seperti potongan kayu, botol plastik bekas minuman, kaleng susu bekas, kardus, kaleng minuman dan beberapa sampah berbahan plastik maupun logam lainnya, seringkali dimasukkan tong sampah maupun dijual ke pengepul barang bekas bila jumlahnya banyak. bila kita olah menjadi kreasi barang bernilai seni tinggi, tentu nilainya akan menjadi berlipat. Beragam kreasi benda seni maupun benda fungisonal dari olahan barang bekas, terbukti mampu diterima pasar. Namun bagaimana sih sebenarnya seluk beluk untuk ide peluang usaha modal kecil yang satu ini..? yuk kita simak bersama.

Pondasinya adalah jiwa seni
Memang jiwa seni menjadi dasar dari pembuatan barang bekas. Akan tetapi kemauan kita juga sangat menentukan. Apa imajinasi Anda ketika Anda memegang botol plastik bekas kemasan air meneral..? Baiklah.. bila Anda tak memiliki imajinasi terhadap benda tersebut, maka akan sulit mewujudkan barang sampah menjadi barang benilai rupiah tinggi.

Akan beda halnya bila Anda langsung memiliki imajinasi seperti “bagaimana kalau dibuat vas bunga yang unik, atau bagaimana kalau dibuat wadah pensil, atau bagaiamana kalau dibuat lampion, atau bagaiamana akalu dibuat miniatur-miniatur atau reprika?” yang pasti berbekal ide atau imajinasi kita bisa jadi modal awal untuk terjun dalam aktifitas daur ulang barang bekas.

Apa saja yang bisa diolah?

Point yang ini juga akan melibatkan jiwa seni yang kita miliki. Yakni, apa asaja kira-kira benda-benda sampah atau barang bekas yang bisa kita olah…?

Pada dasarnya semua benda dengan unsur plastik, mapun logam yang bahannya mudah digunting atau mudah dijadikan bentuk lainnya, tentu punya potensi untuk diolah menjadi benda kreasi. Ini tergolong ide bisnis yang jarang sekali pelakunya sehingga agak sulit rasanya saya meyakinkan para pembaca.

Namun inti dari kreasi barang bekas adalah mengolah sampah menjadi benda bernilai yang memanfaatkan sampah plastik atau logam dengan sentuhan jiwa snei yang kita miliki yang dituangkan dalam sebuah benda. Contoh yang sudah ada adalah miniatur kendaraan dari kaleng bekas, kreasi lampion dari botol air mineral, tas dari bahan bekas bungkus detergen dan masih banyak lagi yang lainnya.

Memasarkan Kreasi Barang Bekas

Mungkin sebagian kita bertanya..? bagaimana mungkin hasil kreasi dari barang bekas bisa diminati pasar..? yupss,.,, tentu ada strategi pemasarannya.
Barang-barang kreasi barang bekas biasa dijual lewat pameran wirausaha, bazar, atau di gerai seperti toko souvenir dan juga bisa membidik pangsa pasar di ranah online.

Semoga artikel di atas bermanfaat. Salam sukses untuk Anda semua. Mantapkan selalu niat untuk berbisnis.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *