Peluang Usaha Rumahan Pertanian Sukses

Membicara usaha dalam bidang pertanian ini ada banyak sekali ragamnya tergantung dimana lokasi kita bertempat tinggal. Terkhusus jenis usaha pertanian yang bisa dijalankan di rumah. Memang dalam pertanian sangat membutuhkan dua hal yang tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya. Tanah dan air merupakan media dalam mengusahakan tanaman pertanian. Meskipun tak hanya menanam saja tatkala kita mengusahakan bisnis di bidang pertanian.

Berikut ini beberapa jenis usaha di bidang pertanian :

1. Menaman sayuran dan buah organik
Usaha dengan menaman sayuran dan buah secara hidroponik atau yang bisa kita sebut organik sangat potensial untuk mendapatkan sukses. Orang di zaman modern ini lebih cerdas dalam memilih bahan makanan. Karena tingkat pendidikan dan keilmuan yang sudah relatif lebih tinggi dari pada generasi sebelumnya. Sayuran dan buah yang bebas dari pestisida lebih dipilih meskipun harganya agak lebih mahal sedikit dari pada umumnya. Berbagai kalangan masyarakat dari atas sampai bawah sangat menyukainya untuk dikonsumsi. Untuk penjualannya saya yakin tidaklah sulit untuk sekarang ini. Sayuran dan buah organik sangat dibutuhkan dari mulai yang ingin hidup sehat sampai perusahaan pangan seperti careffour, hypermart, dan sebagainya. Bisa juga dijual langsung ke pasar yang paling dekat dengan rumah kita. Waktu yang dihabiskan untuk melaksanakan usaha ini tidaklah banyak, sehingga tidak sampai menyita waktu.

2. Membuat toko menjual bibit pertanian
Untuk menghasilkan tanaman yang bagus dan panen yang banyak maka tidak dipungkiri lagi untuk menyiapkan bibit unggul. Bibit tanaman yang baik akan sangat berpengaruh nantinya. Bahkan kini dikembangkan bibit tanaman pertanian yang tahan terhadap hama. Sehingga kesuksesan usaha pertanian menjadi sebuah kenyataan. Toko yang kita buat hendaknya menyediakan bibit pertanian yang diperlukan oleh di lingkungan. Sehingga pasarnya akan lebih jelas.

3. Toko menjual peralatan dan perlengkapan pertanian
Untuk memperoleh panen yang bagus, perlu didukung dengan perlengkapan dan peralatan yang menunjang. Bila alat yang dipakai masih tradisional, maka waktu dan tenaga yang dibutuhkan kurang efisien. Misalnya saja membajak sawah dengan traktor disandingkan dengan menggunakan sapi atau kerbau. Tentu lebih maksimal dan efektif memakai mesin taktor. Demikian pula alat perontok padi dan sebagainya. Disadari bahwa pertanian zaman sekarang sangat membutuhkan berbagai perlengkapan dan peralatan. Dari yang harganya murah sampai mahal. Modal yang digunakan untuk hal ini memang cukup besar. Tetapi keuntungan dari penjualannya pun lumayan besar. Toko ini bisa kita buat di rumah kita apabila letaknya dekat dengan jalan atau terjangkau oleh banyak orang. Dapat dijadikan usaha sampingan pula.

4. Menjual Pupuk
Untuk menghasilkan panen yang bagus perlu adanya pemupukan. Baik dalam jumlah maupun kualitasnya. Pupuk hendaknya memilih yang terbaik. Kualitas yang memang telah diakui oleh para petani. Nan juga harga yang terjangkau tentunya. Kini sudah berkembang jenis pupuk organik. Bahkan jenis dan harganya pun sangat variatif. Kita bisa menjual sesua kebutuhan daerah sekitar kita.

Itulah beberapa peluang usaha rumahan pertanian. Semoga memberi menfaat bagi para pembaca dan juga memberikan sumbangsih bagi dunia pertanian negeri ini.

Facebook Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *