Peluang Usaha Makanan Ringan Cilok yang Menggiurkan

Usaha Makanan Ringan Cilok yang Menggiurkan

Dengan berkembangnya berbagai sisi kehidupan manusia, tak luput juga tentang makanan jajanan yang ada di sekitar kita. Dahulu dengan sekarang ternyata sudah tak sama lagi. Kini ada makanan baru yang banyak dijajakan. Ya, cilok merupakan salah satu makanan ringan yang bisa dengan mudah ditemui, mungkin di daerah kita ada yang menamakan jajanan ini dengan nama cilot, pentol maupun nama yang lain. Meskipun bisnis makanan ringan ini tidak memiliki keuntungan yang besar, akan tetapi apabila kita dapat menjual dengan jumlah atau volume yang banyak, keuntungan yang kita dapatkan pun tidak sedikit. Maka jangan heran bila pengusaha besar lahir dari bisnis yang sebelumnya kita pandang kecil dan remeh.

Jajanan cilok disukai oleh banyak kalangan, tidak hanya anak kecil, remaja hingga dewasa pun suka dengan cilok. Apalagi dengan taburan saus kacang yang nikmat. Di kampus-kampus banyak usaha mahasiswa untuk mendapatkan cilok pun banyak. Mereka bahkan terkadang rela pergi jauh untuk mendapatkan cilok yang enak rasanya.

Modal Usaha Jualan Cilok Murah

Untuk membuat cilok anda tidak memerlukan banyak modal, karena modalnya tidak terlalu besar. Apabila anda memiliki rumah yang cukup strategis anda tidak perlu mengeluarkan modal apapun, gunakan rumah anda untuk berjualan, karena tempat memang memakan biaya yang tidak sedikit lho. Adapun modal yang dibutuhkan untuk membuat cilok adalah Tepung Terigu, Tepung Tapioka / Aci / Kanji , Bawang putih, garam, merica bubuk, kaldu ayam dan tentunya air. Dengan bahan tersebut anda sudah bisa membuat cilok yang enak dan disukai banyak orang.

Sedangkan untuk sausnya anda hanya membutuhkan kacang tanah goreng, bawang putih, bawang merah, cabe, garam, gula merah, dan beberapa bumbu tambahan

Apakah Sulit Membuat Cilok Yang Enak?

Untuk anda yang kesulitan membuat cilok enak, tidak perlu khawatir lagi. Karena pada tulisan ini saya mau berbagi resep membuat cilok yang enak. Sehingga anda bisa membuatnya sendiri dan menjualnya. Tetap ingat ya, jangan membahayakan konsumen dengan menggunakan bahan-bahan yang berbahaya. Agar usaha kita tetap berkah, gunakan jalan yang baik. Anda harus menggunakan bahan-bahan terbaik. Meskipun untung kita tidak terlalu besar, namun keuntungan tersebut akan menjadi berkah untuk kita semua.

Berikut langkah-langkah membuat cilok yang enak untuk usaha anda sendiri. Enggak usah maksain bisnis online apabila memang anda tidak paham dengan itu.

Cara Membuat Cilok yang Enak
Berikut cara membuat cilok enak dengan resep yang sudah saya bagikan di atas.
1. Didihkan air di wadah terpisah campur terigu, garam, merica, kaldu ayam bubuk dan bawang putih halus. Setelah air mendidih siramkan air ke campuran terigu.
2. Aduk adonan menggunakan sendok. Sesudah tercampur, masukkan tepung tapioka sedikit-sedikit sampai bisa dipulung dan dibentuk.
3. Kini bulatkan adonan dan bisa sisipkan isi untuk cilok yang kita buat. Entah itu abon, irisan daging ayam, sosis, maupun isian yang lain.
4. Didihkan air dalam panci dan masukkan cilok satu per satu. Saat cilok sudah mengapung, angkat dan kukus lagi dengan api besar sekitar 5 menit.
5. Kecilkan api dan cilok siap di santap dengan saus sambal plus kecap.

Cara Membuat Saus Kacang Cilok yang Enak
Apabila kita belum bisa membuat saus kacang yang enak, berikut resep membuat saus kacang yang enak cocok untuk teman makan cilok di rumah.
1/4 kacang tanah goreng dengan sedikit minyak bersama 3 siung bawang putih, 2 siung bawang merah dan 5 buah cabe merah. Setelah matang angkat dan dinginkan, lalu setelah dingin ulek bersama 1/2 sdm garam, sedikit penyedap rasa dan sepotong gula merah, setelah halus siapkan wajan dengan 2 sdm minyak tumis sebentar kasih 2 gelas air, masak sampai meletup- letup.
Setelah itu saus sambal kacang siap disajikan dengan cilok yang enak.

Tinggal selanjutnya kita manajemen keuangan yang bagus. Segala pendapatan tercatat rapi. Meski awalnya untung sedikit, lama kelamaan akan menghasilkan yang banyak dan kita meraih sukses. Untuk menyemangati sobat sekalian. berikut kami berikan contoh pengusaha cilok yang telah meraih sukses.

Cilok merupakan bisnis yang ditekuni oleh seseorang berdarah madura asal Malang. Sebut saja Pak Man, julukan sehari-harinya, kelahiran Madura, kemudian merantau dan menetap di Malang dengan profesi sebagai penjual cilok. Mulanya pak Man bekerja sebagai kuli bangunan. Namanya kuli, kalau ada proyek ya gajian kalau tak ada proyek ya menganggur. Sehingga sang istri harus membantu keuangan keluarga dengan berjualan cilok dirumahnya. Tak banyak cilok yang diproduksi saat itu, hanya satu panci ukuran sedang. Pembelinya-pun hanya tetangga sekitar. Namun begitu cilok buatan istrinya selalu habis terjual tiap harinya, karena memang rasanya enak. Tahun 2012 Pak Man mulai sadar dengan peluang bisnis cilok yang ada di depan mata, sehingga Pak Man memutuskan untuk beralih profesi sebagai penjual cilok. Pak Man mulai merancang strategi pengembangan usaha cilok milik istrinya.

Bermodal uang 50 ribu untuk bahan baku cilok dan gerobak bakso ia jajakan ciloknya keliling kampung hingga mangkal di pabrik rokok yang bersebelahan dengan desa tempat ia tinggal. Berangkat jam 9 pagi pulang jam 12 siang, ciloknya selalu habis terjual dengan omzet 300 ribu/hari. Kemudian ia berinovasi dengan menambah jenis produk pendamping yaitu kerupuk pangsit, tahu, somai dan cilok goreng. Hal tersebut disambut hangat oleh pelanggannya, sehingga omzetnyapun bertambah banyak sampai Rp.500.000/hari.

Tak hanya itu, setelah kedua putranya lulus SMA, keduanya turut ambil bagian dalam pemasaran, di susul beberapa tetangga yang menawarkan diri sebagai sales ciloknya. Hingga kini Pak Man mampu memproduksi 100 kg / hari, memiliki 20 sales, 5 pekerja, dan omzet 5 juta/ hari. Pak Man mengedepankan kualitas rasa yang lezat, sehingga ciloknya digemari banyak orang.

Anda pun bisa menjadi Pak Man berikutnya dengan kesuksesan yang lebih lagi. Segera mulai sekarang juga, sebelum di dahului tetangga anda. Selamat berbisnis, semoga sukses.

Facebook Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *