Analisa Usaha Toko Oleh-oleh Sangat Prospek

Analisa Usaha Toko Oleh-oleh

Analisa usaha toko oleh-oleh sangat prospek dan menjanjikan. Hari ini kita disuguhi banyaknya orang yang melakukan perjalanan untuk berwisata. Tidak sedikit jumlahnya. Bahkan dalam satu rombongan jumlahnya bisa lebih dari lima bus besar. Memang pariwisata di negara Indonesia perkembangannya meningkat pesat. Bisa disaksikan hal itu dari segi kuantitas maupun kualitas. Dari kuantitas, jumlah destinasi wisata kini bertambah banyak. Misalnya jumlah pantai yang dulunya sedikit, kini berkembang di mana-mana pantai baru. Demikian, tempat tujuan wisata lainnya. Kemudian dari segi kualitasnya, pembangunan kawasan wisata juga terus dilakukan pemerintah. Dari jalan hingga fasilitas umum di tempat wisata mulai dibenahi. Hal ini, bagi kita yang bisa membaca peluang usaha yang baru. Tidak lain dan bukan yakni membuka toko oleh-oleh.

Oleh-oleh merupakan salah satu kewajiban yang rasanya sulit dihilangkan dari seorang yang sedang mudik atau bepergian ke kota lain, hal ini tentu saja sebuah warisan yang sudah turun temurun sejak dulu. Memang oleh-oleh khas daerah sangat dicari oleh beberapa kalangan, dan biasanya mereka mau aja tuh membeli meski harganya terbilang cukup mahal jika dibandingkan dengan harga untuk masyarakat umum. Ini merupakan sebuah peluang usaha yang cukup bagus dijalankan, sebuah usaha musiman yang bisa dipilih kala musim liburan atau musim mudik telah tiba. Iya, peluang usaha toko oleh-oleh sangat pas untuk kita ambil.

Bisnis oleh-oleh khas daerah juga memiliki beberapa keuntungan yang bisa dirasakan oleh banyak pihak, bukan haya oleh para penjualnya saja, namun banyak pihak yang ikut menikmati hasilnya meski secara tak langsung. Beberapa keuntungannya yaitu :
Mengenalkan produk khas daerah kepada para wisatawan dari luar kota, misalnya saja keripik kulit dinosaurus dari Salty Spitoon yang bisa diperkenalkan dengan bisnis ini, belum lagi produk khas lain semacam aksesoris maupun baju-baju khas daerah.
Membantu para pengusaha dan perajin lokal untuk memasarkan produknya, misalnya saja ada 5 pengusaha kuliner yang membuat keripik namun mereka tidak bisa memasarkannya dengan baik, maka dengan adanya bisnis oleh-oleh ini akan membuat sebuah jaringan bisnis yang saling menguntungkan tentunya.
Menambah jumlah wisatawan yang datang ke tempat wisata di daerah anda, hal ini karena beberapa wisatawan akan jatuh cinta dengan salah satu makanan khas dan bisa saja mereka datang lagi karena ingin membelinya. Untuk memulai bisnis oleh-oleh sebenarnya tidak terlalu sulit loh, kita jualan produk makanan dan aksesoris lain yang khas dari daerah kita, memajangnya di tempat yang strategis agar banyak orang yang melihatnya. Beberapa tips bisnis oleh-oleh yang bisa anda pakai agar sukses diantaranya adalah :
– Tempat jualan yang strategis. Biasanya pinggir jalan jalur utama dilalui wisatawan.
– Pelayanan yang baik dan ramah (bersahabatlah dengan pembeli, maka dia bisa jadi pelanggan).
– Promosi yang baik (banner, selebaran, lewat media online, dan dari mulut ke mulut pembeli)
– Jaringan bisnis yang luas (bisa join sama biro perjalanan atau pemandu wisata)
– Kelengkapan produk yang dijual (jangan hanya kuliner saja, tambahin yang lain)
– Harga yang terjangkau (jangan mahal-mahal, banyak yang gak punya uang)

Maukah Anda berkeinginan mengetahui prospek untungnya dari toko oleh-oleh ini? Pada umumnya salah satu produk makanan yang harganya paling 10 ribu aja, dijualnya bisa sampai 20 ribu. Jadi potensi keuntungannya bisa 2 kali lipat dibandingkan dengan bisnis produk yang sama namun pangsa pasarnya lokal aja. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Facebook Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *