5 Peluang Bisnis Di Saat Pandemi COVID-19

5 Peluang Bisnis Di Saat Pandemi COVID-19

Kondisi masyarakat di negeri ini tengah menghadapi pandemi COVID-19. Sebuah hal yang tidak pernah diperkirakan sebelumnya, ternyata dampak dari pandemi ini sungguh luar biasa. Korban jiwa berjatuhan. Banyak orang yang meninggal dikarenakan terkena penyakit itu. Sudah dilakukan berbagai upaya dari pemerintah agar tidak meluas atau menyebar penyakit ini. Beberapa langkah nyata itu antara lain dengan kewajiban penggunaan masker bagi masyarakat yang hendak bepergian ke luar rumah. Tidak diizinkan terlebih dahulu kegiatan yang mengumpulkan banyak masa. Juga beberapa wilayah atau tempat telah melakukan pembatasan sosial berskala besar atau yang dikenal sebagai PSBB.

Di samping itu, dampak ke dalam dunia ekonomi juga tidak kalah dahsyat. Tidak sedikit dijumpai masyarakat yang menurun penghasilannya gegara adanya pandemi ini. Hal itu disebabkan diantaranya karena banyak hal. Pada seseorang bekerja di perusahaan maka kita sering lihat beberapa perusahaan yang meliburkan karyawannya untuk beberapa waktu. Bahkan ada yang sampai melakukan pemutusan hubungan kerja. Bagi seorang yang berjualan di tempat keramaian maka omzet bisnisnya akan menurun drastis dikarenakan tidak adanya orang yang berani ke tempat penuh dengan keramaian.

Menghadapi situasi yang demikian maka timbulah sebuah kecemasan. Resesi ekonomi menjadi bayang-bayang yang cukup mengkhawatirkan. Ekonomi keluarga menjadi hal yang sangat perlu diperhatikan agar tidak sampai keuangan menipis. Perlu adanya solusi jitu dalam menghadapi kondisi yang demikian. Tidak boleh hanya berdiam diri tanpa melakukan sesuatu apa pun yang berarti. Satu langkah yang bisa diambil yakni membuka usaha yang baru. Tentu saja dipilih jenis usaha yang sangat prospek atau potensial memberi keuntungan terutama saat pandemi ini. Lalu apa saja usaha yang kiranya sangat prospek untuk dijalankan? Berikut ini kami akan sampaikan beberapa bisnis yang kiranya bisa kita ambil.

  1. Bisnis frozen food
    Usaha yang satu ini mungkin telah kita temui. Dahulu di masa sebelum adanya pandemi memang tidak begitu terdengar geliat bisnis tersebut. Tetapi untuk saat kondisi pandemu seperti sekarang ini bisnis seperti sangatlah menggeliat. Pembeli dari frozen food juga sangatlah banyak sekarang ini. Di saat pandemi COVID-19, membeli frozen food menjadi pilihan yang tepat. Kita pun bisa dengan mudah mengolah sendiri. Atau jika ingin lebih praktis lagi maka kita cukup menjadi penjual saja. Biarlah orang lain yang membuatnya dan kita menjadi distributor saja.
  2. Jualan masker kain
    Ini pun menjadi peluang bisnis yang sangat manis. Di masa pandemi COVID-19 seperti ini dimana-mana selalu disuarakan untuk setiap orang yang keluar rumah agar memakai masker. Apalagi jika orang tersebut tinggal di daerah yang dimana tempat tersebut banyak orang yang terkena COVID. Anjuran menggunakan masker yang begitu masif ini tentu harus diimbangi dengan produk masker. Maka memiliki masker kain menjadi kebutuhan pokok masyarakat pada saat ini. Akibatnya, ketika kita berjualan masker kain pun maka akan lakuk keras.
  3. Produksi masker kain
    Tidak hanya menjual saja. Kita pun bisa membuat sendiri masker kain. Tentu saja kita perlu punya kemampuan menjahit dan seluk beluknya dalam hal ini. Akan tetapi, itu semua bisa dipelajari kok. Pembuatan masker kain tidaklah serumit dengan ketika membuat baju atau celana. Hanya saja, kita pun perlu membuat masker yang lebih baik dari produk yang ada. Sehingga produk yang kita buat itu bisa laku keras di pasaran. Tidak lupa, penuhi pula standar pembuatannya.
  4. Bisnis camilan
    Saat sedang di rumah maka perlu melakukan aktivitas. Satu aktivitas yang bisa menambah kegembiraan adalah makan camilan. Apalagi beberapa perusahaan juga telah menerapkan WFH atau work from home. Tentu makan camilan ini bisa menjadi teman work from home. Terlebih lagi kalau pekerjaan sedang banyak. Makan camilan pun menjadi lebih banyak pula. hehehe. Maka dengan begitu kita bisa jualan camilan saat pandemi. Bagus sekali prospeknya.
  5. Bisnis paket data
    Hari ini yang namanya smartphone sudah dijadikan barang ‘wajib’ oleh banyak orang. Hampir setiap orang punya smartphone di sakunya. Saat adanya pandemi ini kebutuhan akan paket data internet pun semakin melonjak pesat. Tidak salah bila kita menjadikannya hal ini sebagai peluang usaha saat pandemi corona ini. Prospeknya sungguh lumayan bagus. Apalagi, sekolah pun kini menyelenggarakan kegiatan belajar jarak jauh dengan online. Tidak sedikit pula kegiatan seminar dan sejenisnya yang dilakukan secara online.

Demikian beberapa bisnis yang sangat prospek kala pandemi COVID-19. Kiranya tulisan ini bisa menjadi tambahan referensi yang bisa teman-teman gunakan untuk memikirkan bisnis apa yang hendak diambil.

Facebook Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *