Peluang Usaha Jasa Foto Copy

Peluang Usaha Foto Copy

Peluang Usaha Jasa Foto Copy – Apabila belum mempunyai usaha yang menjanjikan, maka sebaiknya kita mulai berpikir dari sekarang. Usaha apa yang kiranya cocok untuk kita jalankan. Era sekarang ini sudah begitu kental dengan dunia cetak mencetak dokumen yang berupa kertas. Mengurus surat menyurat seperti perijinan, pendaftaran sekolah, tes masuk pegawai, tes masuk perguruan tinggi negeri, dan kegiatan administrasi lainnya mesti menggunakan dokumen tertentu. Yang kesemuanya itu perlu foto copy kartu identitas diri. Untuk pajak kendaraan bermotor baik roda dua atau empat pun menggunakan persyaratan foto kopi identitas diri.

Saat ini dan dalam jangka waktu yang masih lama, prospek usaha jasa foto copy masih cerah sekali. Maka tak heran jika dimana-mana mudah dijumpai pengusaha foto copy. Dari yang mikro sampai yang berskala besar. Pasarnya masih amat luas. Prediksi untuk mendapat keuntungan yang besar di masa mendatang masih terbuka.

Nah, dengan peluang info usaha yang kita dapatkan, diharapkan bisa menigkatkan semangat dan niat kita untuk mengubah kondisi ekonomi menjadi lebih baik. Nah, sebelum memulainya sebaiknya kita melihat terlebih dahulu berbagai hal yang penting untuk kita bahas. Apa saja itu? Mari kita simak yang berikut ini :

1. Menentukan lokasi yang tepat
Tempat yang potensial untuk didirikan usaha fotocopy ini adalah sekolah atau perguruan tinggi dan juga instansi. Lokasi seperti itu merupakan pasar paling potensial. Setidaknya konsumen banyak berada di situ.

2. Lakukan survei sederhana
Tak seperti perusahaan yang besar dalam melakukan survei pasar, kita bisa melakukannya tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Dengan peralatan seadanya dan kondisi diri, Anda sangat memungkinkan sekali mengerjakannya. Kita bisa melihat secara langsung perilaku konsumen saat berada di tempat fotocopy. Bisa pula dalam bentuk bertanya kepada para pemilik usaha ini secara langsung. Dari situ kita akan mengantongi informasi yang banyak. Ketika melihat tempat fotocopy yang ramai, kita bisa belajar dari mereka.
Beberapa poin yang perlu kita tanyakan, yakni :
– ongkos foto kopi per lembar
– berapa besar omset sehari
– biaya pembelian mesin fotocopy sekaligus perawatannya
– upah tenaga
– risiko kerugian
– kualitas dan mutunya
– dan lainnya
Akan lebih bagus lagi bila ada foto ketika melakukan survei. Sehingga lebih akurat data yang diperoleh.

3. Pelajari manajemannya
Sangat penting untuk melihat secara mendalam bagaimana cara menjalankan usaha ini. Mesti ada trik dan tips khusus. Paling penting manajemen ini, bagaimana mengatur uang yang ada. Apabila tak mampu mengatur uang dengan baik, bisa menjadi permasalahan. Harus mempelajari dengan detail.

4. Lihatlah para kompetitor
Dalam menjalankan usaha, berkompetisi itu adalah hal yang wajar. Cuma harus sehat dan tidak melakukan yang merugikan orang lain. Kita harus mengetahui nilai lebih dari pesaing kita. Selanjutnya, kita hendaknya melakukan yang lebih baik dari para pesaing.

5. Siapkan mesin fotocopy terbaik
Ini adalah peralatan yang paling pokok. Keberadaanya sangat penting untuk operasional usaha. Jadi, semaksimal mungkin untuk memilih mesin fotocopy yang baik dan berkualitas. Hasil cetakan yang jelas dan tidak mudah rusak ketika digunakan. Akan lebih baik apabila kita juga belajar bagaimana merawat mesin ini. Sekaligus pula bagaimana memperbaikinya ketika ada kerusakan. Hal ini akan mengurangi biaya perawatan dan perbaikan. Sehingga keuntungan pun meningkat. Contoh kerusakan mesin fotocopy terjadi pada umumnya pada Box Toner dan Developing unit yang diakibatkan oleh beberapa hal ini:
a. Tinta/toner pada box toner utama mengeras/padat sehingga toner tidak menyuplai ke developing dan kerja motor pada box toner berat.
b. Konsleting pada motor dinamo box toner sehingga merusak transistor di DC Control yang berfunsi sebagai penggerak motor dinamo motor box toner
b. Gear motor dinamo supplay toner pada box aus sehingga tidakmenggerakan ulir pada box toner
d. Sensor pada box toner dan developing rusak atau kawat yang berfunsi menghapus pada dinding sensor developing tidak berfungsi atau lepas.
6. Utamakan pelayanan kepada konsumen
Inilah sikap yang harus dimiliki oleh siapa saja yang hendak membuka usaha khususnya dalam bidang jasa. Pelayanan yang ramah, akrab dan bersahabat menjadikan konsumen akan betah. Mereka akhirnya memilih tempat kita sebagai langganan untuk fotocopy. Usahakan pula hasil cetakan yang bagus dan waktu melayani cepat. Tidak berlama-lama. Kita harus paham bahwa urusan mereka para pelanggan itu banyak dan ingin dilayani dengan cepat.
7. Tambahkan barang-barang penunjang
Umumnya para pengusaha fotocopy juga menjual alat tulis kantor, aksesoris, pulsa, dan lain-lain. Kadang pula dengan menjual buku, koran, majalah, tabloid, dan sejenisnya. Bisa pula ditambah dengan jasa cetak foto dan rental komputer. Ini akan meningkatkan penghasilan Anda.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kita siapkan dalam menjalankan bisnis fotocopy. Sebelumnya, kita harus tanamkan niat yang kuat untuk sukses. Tekun dalam bekerja dan yang  jangan dilupakan adalah berdoa. Lebih baik lagi setelah mendapat keuntungan maka bersedekahlah. Kita bisa belajar dari para pengusaha sukses di dunia yang mempunyai kebiasaan memberi yang banyak. Baiklah, semoga artikel ini memberi manfaat untuk Anda semua. Selamat menjalankan peluang usaha foto copy.

Facebook Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *